Jumat, 22 Februari 2013
PENDIDIKAN SEKOLAH
18.08 | Diposting oleh
Siti Hardianti Handayani |
Edit Entri
Dalam kehidupan sehari hari
pasti kita sering mendengar kata kata pendidikan, pendidikan bisa diartikan
dengan suatu kegiatan menuntut ilmu di mana saja dan semampu kita, dalam
kegiatan belajar kita akanmendapatkan pendidikan di mana saja dan semampu kita,
dalam kegiatan belajar kita akan mendapatkan pendidikan di mana saja maupun di
sekolah, di rumah dan di tempat menuntut ilmu yang lain, Namun jaman sekarang
pendidikan dan kegiatan belajar di gantikan dengan tawuran oleh anak anak yg
tidak memperdlulikan manfaat belajar, mereka tidak memanfaatkan kegiatan
belajar dengan sebaik baiknya padahal belajar bisa menjadikan orang orang yang
sukses dan berguna bagi sekitar kita.Tapi sekarang anak yang tidak begitu di
didik di sekolah mereka sering tawuran dan bolos belajar di sekolah, padahal
tawuran bisa merugikan diri sendiri dan orang di sekitar kita, dan tidak
bermanfaat bagi diri kita ada satu lagi kegiatan yang sering anak anak sekarang
lakukan padahal tidk bermanfaat yaitu
bolos pada saat jam pelajaran sekolah di mana anak – anak sering izin pada
gurunya untuk ke kamar mandi padahal mereka tidak mau belajar ataupun malas
untuk belajar dia akan melakukan kegiatan apa saja di luar kelas pada saat dia
izin keluar mereka biasa melakukan makan di kantin ketika gurunya keluar dia
baru masuk, biasanya juga mereka jarang mengerjakan pr tapi tidak mau dihukum,
bila di hukum mereka akan marah marah begitulah mereka yang tidak memperdulikan
pendidikan mungkin kegiatan yang berguna contohnya belajar dengan giat,
dengarkan apa perkataan guru dan kegiatan berguna lainnya, kegiatan yang
berguna tersebut akan menimbulkan kebaikan yang bermanfaat bagi diri kita
sendiri ataupun orang disekitar kita, kita akan menjadi orang yang sukses dan
pintar. Pintar segalanya bukan dalam kegiatan belajar saja tapi juga pintar
dalam melakukan suatu kegiatan belajar lain, belajar bisa menjadi salah satu
faktor yang mempengaruhi dimana batas kepintaran anak tersebut. Dan bisa juga
sebagai alat pengukur kemampuan belajar anak – anak tersebut, jika anak – anak
yang menurut apa perkataan guru ataupun orang tua dia akan menjadi anak – anak
yang berprestasi dan akan menjadi murid – murid yang budiman dan menghormati
orang yang lebih dewasa darinya, anak – anak tersebut akan menjadi anak yang
berbakti, baik dan menuruti perkataan orang tua ataupun menuruti perkataan
gurunya sendiri. Tapi banyak juga anak – anak yang tidak menuruti perkataan
guru mereka akan membantah apa perkataan guru mereka, dan anak – anak yang
berprestasi melainkan menjadi anak – anak yang berprestasi melainkan menjadi
anak – anak yang pembangkang ataupun anak – anak yang nakal, dan anak – anak
inilah yang biasanya menjadi anak – anak yang berprestasi melainkan menjadi
anak- anak yang suka tawuran, tawuran biasa disebabkan dari faktor anak – anak
tersebut sering membangkang perkataan orang tua ataupun guru disekolahnya. Anak
– anak sekarang lebih mementikan bermain dari pada belajar , menurut anak –
anak tersebut akan lebih senang dan bahagia dan jika anak – anak tersebut
sedang bermain maka akan lupa segalanya , yaitu salah satunya belajar dan
pulang kerumah , kalau anak – anak tersebut sedang bermain di luar mereka akan
lupa segalanya dan juga dalam keadaan bermain anak – anak tersebut tidak akan
memperdulikan apapun yang terjadi disekitarnya, dimana mereka akan melakukan
sesuatu belajar juga bisa menjadi salah satu faktor yang baik bagi anak – anak
yang melakukan kegiatan tersebut. Biasanya anak – anak sekarang lebih
mementingkan bermain dari pada segalanya. Untuk membatasi waktu, guru dapat memanfaatkan alarm
handphone. Dalam kegiatan presentasi, diskusi, hingga ulangan harian dapat
digunakan fitur alarm. Jatah waktu yang diberikan dapat diukur dengan objektif
melalui alarm. Jatah waktu tiap kelompok/tiap siswa sama, bukan berdasarkan
insting, melainkan berdasarkan alarm. Layanan yang mirip dengan alarm dalam
handphone adalah timer hitung mundur dan stopwatch. Layanan fitur stopwatch
dapat digunakan dalam pembelajaran olah raga. Kalkulator dapat
dimanfaatkan guru dengan bijak. Ada saatnya guru memanfaatkan fitur ini dan ada
saatnya tidak. Hal ini sangat bergantung pada kompetensi dasar bidang studi
yang diberikan. Jika guru sedang membawakan kompetensi non-matematika dan ingin
hasil cepat, tidak ada salahnya guru memanfaatkan layanan ini. Namun jika guru
sedang melatih kompetensi hitung, guru harus memperhitungkan kembali pemakaian
layanan hitung ini. Sekali lagi, guru harus bijak memanfaatkan layanan ini.
Dalam pembelajaran bahasa, layanan rekaman suara
dapat digunakan guru dalam memberikan penguatan. Misalnya pembelajaran membaca
puisi, membaca berita, membaca pengumuman, dll. Guru dapat menggunakan layanan
rekaman suara dan diputar kembali untuk diberikan penguatan. Jika layanan suara belum cukup, guru dapat menggunakan
layanan rekaman video. Melalui rekaman video guru dan siswa dapat menyimak
sajian audio-visual. Guru dapat memberikan penguatan sikap dan ekspresi dalam
pembelajaran berpidato, membaca puisi, hingga drama.
Layanan rekaman video juga dapat digunakan guru Bahasa Indonesia dalam menulis paragraf. Guru dapat juga memberikan tugas pada perwakilan kelompok, jika tidak semua siswa memiliki handphone berfitur kamera, untuk memotret objek atau merekam keramaian stasiun kereta api. Lalu, guru memberikan tugas menulis paragraf. Begitu juga guru bidang studi lain, guru ekonomi dapat merekam keramaian pasar, guru olahraga memberikan masukan lay-up dalam olah raga basket yang benar, dll. Sebagai koneksi transfer data, guru dan siswa dapat memanfaatkan fitur infrared dan bluetooth. Objek yang sudah terpotret dapat dibagi kepada siswa lain atau diserahkan pada guru. Guru atau siswa dapat metransfer langsung ke laptop untuk ditayangkan melalui LCD Proyektor. Objek ini dapat disesuaikan dengan bidang studi yang diajarkan guru. Handphone tertentu sudah menyediakan fasitas televisi. Guru bidang studi tertentu dapat memanfaatkan televisi sebagai bahan ajar. Misalkan berita, iklan, sinetron, dll. Pemilihan bahan ajar ini harus dilakukan guru secara selektif dan benar-benar membawa manfaat dalam pencapaian tujuan belajar. Melalui koneksi data, handphone kini menyediakan layanan internet. Melalui internet, guru dapat mencari bahan ajar dan jutaan referensi dalam internet. Tentu jika menginginkan layar yang lebar, handphone dapat dikoneksikan ke laptop dan ditayangkan melalui LCD Proyektor. Jika belum puas melalui koneksi handphone, guru dapat memanfaatkan jaringan internet via kabel dan nirkabel, misal wifi. Jika seorang anak merasa bersemangat dan senang ketika belajar sesuatu, pengalaman itu direkam dalam pikiran bawah sadar. Perasaan positif tersebut dapat diakses kembali. Pada kesempatan lain anak belajar hal yang sama, otomatis perasaan dari pengalaman sebelumnya dimunculkan kembali menjadi perasaan bersemangat (antusias). Sebaliknya, perasaan tertekan (stres) yang dialami anak saat menghadapi sesuatu akan muncul kembali dan diterjemahkan menjadi frustrasi, takut, dan waswas. Akibatnya, pikiran bawah sadar merekam pengalaman belajar sebagai proses penuh stres. Seseorang mungkin punya kemauan sadar untuk belajar dengan baik. Namun, tak jarang pikiran bawah sadar mereka memproduksi keraguan, ketakutan, dan keengganan. Problemnya, kemauan kita, yang berada pada pikiran sadar, hanya berkekuatan 12 persen. Sedangkan memori emosi keengganan yang berada di alam bawah sadar berkekuatan 88 persen.
Karena itu, menciptakan pengalaman belajar yang mengasyikkan bagi anak merupakan sesuatu yang sangat vital. Kegiatan belajar hendaknya diawali dengan conditioning yang baik sehingga membangkitkan perhatian, minat, dan motivasi. Perlu diperhatikan, emosi berperan penting dalam proses belajar. Hasil belajar yang penuh tekanan dan bersuasana muram tidak mungkin mengungguli hasil belajar yang santai dan menarik hati. Penggunaan musik dan gambar juga tidak kalah penting. Musik bisa membantu membawa gelombang otak menuju alfa state yang terbukti mempercepat penyerapan materi pelajaran. Sementara itu, gambar diperlukan karena otak manusia lebih merupakan prosesor gambar atau imajinasi daripada prosesor kata-kata. Gambar konkret jauh lebih mudah ditangkap daripada abstraksi verbal. Selanjutnya, perlu diciptakan kegiatan belajar yang bukan semata-mata aktivitas verbal. Kegiatan belajar harus juga melibatkan emosi, seluruh tubuh, semua indra, dan segenap aspek kejiwaan individu, yang disebut Lazanov sebagai cadangan individu yang tersembunyi. Dengan itu, kita akan melihat bahwa semua anak, bahkan semua orang, sebenarnya suka belajar.
Layanan rekaman video juga dapat digunakan guru Bahasa Indonesia dalam menulis paragraf. Guru dapat juga memberikan tugas pada perwakilan kelompok, jika tidak semua siswa memiliki handphone berfitur kamera, untuk memotret objek atau merekam keramaian stasiun kereta api. Lalu, guru memberikan tugas menulis paragraf. Begitu juga guru bidang studi lain, guru ekonomi dapat merekam keramaian pasar, guru olahraga memberikan masukan lay-up dalam olah raga basket yang benar, dll. Sebagai koneksi transfer data, guru dan siswa dapat memanfaatkan fitur infrared dan bluetooth. Objek yang sudah terpotret dapat dibagi kepada siswa lain atau diserahkan pada guru. Guru atau siswa dapat metransfer langsung ke laptop untuk ditayangkan melalui LCD Proyektor. Objek ini dapat disesuaikan dengan bidang studi yang diajarkan guru. Handphone tertentu sudah menyediakan fasitas televisi. Guru bidang studi tertentu dapat memanfaatkan televisi sebagai bahan ajar. Misalkan berita, iklan, sinetron, dll. Pemilihan bahan ajar ini harus dilakukan guru secara selektif dan benar-benar membawa manfaat dalam pencapaian tujuan belajar. Melalui koneksi data, handphone kini menyediakan layanan internet. Melalui internet, guru dapat mencari bahan ajar dan jutaan referensi dalam internet. Tentu jika menginginkan layar yang lebar, handphone dapat dikoneksikan ke laptop dan ditayangkan melalui LCD Proyektor. Jika belum puas melalui koneksi handphone, guru dapat memanfaatkan jaringan internet via kabel dan nirkabel, misal wifi. Jika seorang anak merasa bersemangat dan senang ketika belajar sesuatu, pengalaman itu direkam dalam pikiran bawah sadar. Perasaan positif tersebut dapat diakses kembali. Pada kesempatan lain anak belajar hal yang sama, otomatis perasaan dari pengalaman sebelumnya dimunculkan kembali menjadi perasaan bersemangat (antusias). Sebaliknya, perasaan tertekan (stres) yang dialami anak saat menghadapi sesuatu akan muncul kembali dan diterjemahkan menjadi frustrasi, takut, dan waswas. Akibatnya, pikiran bawah sadar merekam pengalaman belajar sebagai proses penuh stres. Seseorang mungkin punya kemauan sadar untuk belajar dengan baik. Namun, tak jarang pikiran bawah sadar mereka memproduksi keraguan, ketakutan, dan keengganan. Problemnya, kemauan kita, yang berada pada pikiran sadar, hanya berkekuatan 12 persen. Sedangkan memori emosi keengganan yang berada di alam bawah sadar berkekuatan 88 persen.
Karena itu, menciptakan pengalaman belajar yang mengasyikkan bagi anak merupakan sesuatu yang sangat vital. Kegiatan belajar hendaknya diawali dengan conditioning yang baik sehingga membangkitkan perhatian, minat, dan motivasi. Perlu diperhatikan, emosi berperan penting dalam proses belajar. Hasil belajar yang penuh tekanan dan bersuasana muram tidak mungkin mengungguli hasil belajar yang santai dan menarik hati. Penggunaan musik dan gambar juga tidak kalah penting. Musik bisa membantu membawa gelombang otak menuju alfa state yang terbukti mempercepat penyerapan materi pelajaran. Sementara itu, gambar diperlukan karena otak manusia lebih merupakan prosesor gambar atau imajinasi daripada prosesor kata-kata. Gambar konkret jauh lebih mudah ditangkap daripada abstraksi verbal. Selanjutnya, perlu diciptakan kegiatan belajar yang bukan semata-mata aktivitas verbal. Kegiatan belajar harus juga melibatkan emosi, seluruh tubuh, semua indra, dan segenap aspek kejiwaan individu, yang disebut Lazanov sebagai cadangan individu yang tersembunyi. Dengan itu, kita akan melihat bahwa semua anak, bahkan semua orang, sebenarnya suka belajar.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
About Me
clock
Blog Archive
-
▼
2013
(608)
-
▼
Februari
(53)
- Resep hakau
- Resep puding kopi lapis busa
- Resep kerapu panggang
- Puding santan
- Resep acar ikan mas
- Resep ouding tausa
- Resep pepes ikan mas bumbu iris
- Resep pepes bumbu rujak
- Sashimi
- Chicken tebasaki
- Reaep dashijri
- Miso souo kakao merah
- Reaep sup kerang tahu
- Chicken teriyaki
- Resep pepes pindang
- Pemandangan yang Tidak Biasa dan Menakjubkan di Dunia
- Taman Paling Berbahaya di Dunia
- Kebiasaan Tidur Aneh Selebriti
- Kamar Unik Milik Para Seleb di Dunia
- Hadiah Spesial yang Paling Cocok Diberikan Pada Ha...
- 5 Elevator Paling Menakutkan di Dunia
- PENDIDIKAN SEKOLAH
- 10 Labirin Paling Indah di Dunia
- 7 Mesin Kopi Terunik di Dunia
- 10 Lagu yang Paling Menenangkan di Dunia
- 10 Cara Menjadi Orang Pintar
- 10 Cara Menjadi Orang Pintar
- 7 Pesta Tahun Baru Terbaik di Dunia
- Selena gomez
- Toba lake
- 10 Kota Hilang yang Paling Terkenal di Dunia
- Tonton "#BehindTheSceneBIEB #Eps1" di YouTube
- Sungai Thames dari Inggris Sungai Terbersih pertam
- Sungai Tara Sungai Terbersih Ke-2
- Sungai St. Croix Sungai Terbersih ke-3
- Sungai Torne Sungai Terbersih Ke-4
- Sungai Li Sungai Terbersih Ke-5
- 7 Fenomena Alam yang Paling Indah di Dunia
- 8 Air Terjun Tercantik dan Indah di Dunia
- Sky trek, costa rica
- 3. Dragon's Breath
- Flying fox 2
- Flying fox 1
- 10 tim dengan penjualan jersey terbanyak di dunia
- Tonton "Ashilla - #AshillaQAVideo #Eps6" di YouTube
- Tonton "Ashilla - #AshillaQAVideo #Eps5" di YouTube
- Tonton "Ashilla - #AshillaQAVideo #Eps4" di YouTube
- Tonton "Ashilla - #AshillaQAVideo #Eps3" di YouTube
- Tonton "Ashilla - #AshillaQAVideo #Eps2" di YouTube
- Tonton "Ashilla - #AshillaQAVideo #Eps1" di YouTube
- 10 ahli Teknologi Paling Berpengaruh di Dunia
- Danau Terunik dan Indah di Dunia
- 5 Stasiun Kereta Paling Ramai di Dunia
-
▼
Februari
(53)
0 komentar:
Posting Komentar